2020-10-16 10:31:34

Solar Warrior Indonesia berbagi Pengetahuan tentang Efektivitas Energi Terbarukan terhadap Perubahan Iklim kepada Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia




Isu perubahan iklim saat ini menjadi topik krusial yang dibahas di seluruh dunia. Di Indonesia pun, kita saksikan banyak bencana alam yang melanda secara bergilir tiap tahunnya.
Pada kesempatan ini, perwakilan Solar Warrior Indonesia, Amanda, diberikan kehormatan untuk menjadi penyampai materi mengenai climate change oleh Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, dalam webinar yang bertemakan “The Future of Climate Change and Cost Effectiveness of Renewable Energy”.


Sebagai pembukaan, Amanda menjelaskan mengenai faktor-faktor apa saja yang dapat menyebabkan perubahan iklim. Faktor paling utama adalah aktivitas pembakaran fossil fuel, dimana proses tersebut dapat menghasilkan residu zat karbon dioksida ke atmosfer bumi. Gas karbon dioksida yang terkumpul di atmosfer tersebut membentuk sebuah lapisan yang dapat membuat suhu bumi semakin meningkat. Fenomena tersebut dinamakan perubahan iklim.


Namun, bukan tidak mungkin bahwa suhu bumi dapat diturunkan secara bertahap, salah satunya dengan menggantikan penggunaan energi fosil dengan energi yang lebih ramah lingkungan. Untuk memerangi perubahan iklim, kita dapat mendukung inovasi yang membuat teknologi energi fosil semakin bersih dan semakin tidak berbahaya bagi manusia dan lingkungan. Kita juga dapat berkontribusi mengurangi polusi karbon dengan cara bergabung dalam komunitas yang peduli terhadap perkembangan energi terbarukan.


Energi surya merupakan salah satu sumber energi ramah lingkungan. Kita perlu mengetahui beberapa manfaat energi surya bagi kehidupan, antara lain: - Konsumsi energi hijau - Meningkatkan nilai bangunan - Memanfaatkan potensi energi matahari yang sangat besar - Efisiensi / penghematan biaya listrik - Mendukung pertumbuhan ekonomi daerah di Indonesia


Beralih ke topik yang tidak kalah penting dari webinar ini, yaitu efektivitas biaya energi surya. Dalam topik ini, dipaparkan bahwa biaya energi terbarukan semakin menurun tiap tahunnya. Bahkan, tarif energi surya lebih rendah dibandingkan dengan tarif listrik konvensional. Amanda menjelaskan topik tersebut dengan bagan simulasi perbandingan tarif energi surya dengan tarif energi PLN.


Menurunnya biaya energi surya disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain: - Sumber energi yang berlimpah - Keuntungan negara tropis dengan memiliki 2 musim, dimana matahari bersinar hampir sepanjang tahun - Pengakuan dan dukungan dari pemerintah - Proses, instalasi, dan perawatan sangat mudah - Harga manufaktur jauh lebih efisien - Meningkatnya permintaan karena kesadaran dan keinginan yang tinggi untuk berinvestasi di pasar energi surya


Webinar kali ini diakhiri dengan sesi tanya jawab. Dengan terselenggaranya acara ini, Solar Warrior Indonesia berharap generasi muda lebih peka akan lingkungan sekitarnya serta mulai melakukan tindakan nyata untuk mengurangi dampak iklim. Stay Green, Sobat Surya!


###


By: Atikah Amaliadanti