2020-11-29 14:02:57

Instalasi dan Sosialisasi Teknologi Sistem Panel Surya kepada Masyarakat Mushola Assa’adah, Bukit Duri - Jakarta Selatan




Demi mendukung program sosial mahasiswa UI YEA (Youth Environmental Action) dalam menyebarluaskan pemanfaatan energi terbarukan kepada masyarakat Indonesia, Solar Warrior ikut serta berkontribusi dalam kegiatan instalasi panel surya di Mushola Assa’adah yang berlokasi di kawasan Bukit Duri, Jakarta Selatan. Pada proyek ini, Solar Warrior telah melakukan instalasi sistem panel surya dengan kapasitas sebesar 1400 Wp.



Pada kesempatan ini, tidak hanya kegiatan instalasi, tetapi juga Solar Warrior dipercayakan untuk mensosialisasikan sistem panel surya kepada pengelola Mushola Assa’adah maupun masyarakat di sekitarnya. Adapun perwakilan dari Solar Warrior Indonesia yaitu Indra dan Thorf sebagai Business Development. Acara sosialisasi ini dilaksanakan secara langsung di lokasi pemasangan sekaligus disiarkan secara langsung melalui kanal Zoom.

Pada acara sosialisasi tersebut, Solar Warrior memaparkan informasi terkait sistem panel surya yang terpasang di Mushola Assa’adah. Konfigurasi sistem panel surya yang terpasang yaitu On Grid, dimana panel surya terhubung langsung dengan jaringan listrik PLN, dan tanpa menggunakan baterai. Keunggulan dari konfigurasi sistem ini adalah apabila terdapat kelebihan energi listrik yang diproduksi oleh panel surya, maka kelebihan energi listrik tersebut dapat dipakai untuk kebutuhan di bulan berikutnya, sehingga pelanggan dapat menghemat biaya listrik PLN. Melihat histori tagihan listrik Mushola Assa’adah, penggunaan panel surya tersebut dapat mengurangi tagihan listrik hingga 50%.

Energi listrik yang diproduksi oleh panel surya akan dialirkan ke beban atau alat-alat elektronik yang terdapat di Mushola Assa’adah, seperti lampu mushola, mesin mikrofon dan speaker atau pengeras suara. Selain itu, pemaparan pun dilanjutkan terkait jam operasional sistem panel surya, dimana panel surya beroperasi jika terdapat cahaya matahari, yaitu dari pagi hingga sore hari. Sedangkan pada malam hari, sumber energi listrik yang digunakan berasal dari jaringan PLN. Apabila cuaca mendung, maka cahaya matahari akan berkurang, dimana otomatis energi listrik akan disuplai dari jaringan PLN. Kemudian, apabila terjadi mati listrik, maka sistem panel surya akan ikut berhenti beroperasi. Dan yang paling penting, perawatannya sangatlah mudah, cukup dibersihkan dengan kain lap apabila berdebu.

Setelah sesi pemaparan, acara ini dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh peserta yang dipandu oleh moderator UI YEA. Pertanyaan yang dilontarkan terkait perkembangan pemanfaatan solar panel di Indonesia, diteruskan dengan langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk menyebarluaskan pemanfaatan energi surya di seluruh Indonesia mengingat biayanya saat ini yang masih mahal.

Berdasarkan pertanyaan tersebut, Solar Warrior memberikan edukasi kepada peserta bahwa penggunaan energi fosil semakin lama akan semakin habis, dan juga tidak baik untuk lingkungan, karena dapat menyebabkan polusi udara yang berujung pada pemanasan global. Oleh karena itu, saat ini Solar Warrior gencar mensosialisasikan penggunaan energi surya untuk mengurangi penggunaan energi fosil. Selain itu, terkait penggunaan solar panel di Indonesia masih jauh dari maksimal, tetapi bagaimanapun berbagai upaya harus tetap dilakukan. Hal inilah yang dilakukan Solar Warrior yaitu melakukan instalasi panel surya di rumah, industri, bahkan di rumah ibadah. Terkait biaya, teknologi panel surya ini akan terus berkembang sepanjang tahun. Dimana seiring dengan perkembangan teknologi, maka biaya komponen sistem panel surya semakin lama akan semakin terjangkau.

Merangkum pemaparan dan sesi tanya jawab tersebut, masyarakat yang tertarik menggunakan panel surya tidak perlu khawatir. Hal ini dikarenakan panel surya memberikan banyak manfaat dari segi penghematan biaya listrik serta membantu mengurangi polusi dengan menggunakan energi ramah lingkungan. Selain itu, perawatannya sangat mudah dan terdapat garansi yang disediakan oleh tim Solar Warrior, sehingga sistem panel surya terjamin kualitas dan keamanannya.


By: Atikah Amaliadanti

###